Tanggung Jawab Sosial Perusahaan

Di Matahari, kami sadar akan tanggung jawab kami untuk sedapat mungkin meminimalkan dampak negative dari operasional bisnis kami terhadap lingkungan dan masyarakat, dan untuk mempromosikan perubahan sosial yang positif. Selama bertahun-tahun, kami telah melakukan berbagai inisiatif yang kami yakini turut memberikan nilai tambah bagi para pemangku kepentingan dan masyarakat.

Selain itu, kami memandang bahwa tanggung jawab sosial perusahaan merupakan upaya dari setiap elemen perusahaan, dan oleh karena itu kami mendorong dan mendukung keterlibatan karyawan dan pelanggan kami dalam berbagai tindakan dan inisiatif yang pada akhirnya akan turut andil dalam menciptakan masyarakat yang lebih adil dan berkelanjutan.

TANGGUNG JAWAB SOSIAL TERHADAP LINGKUNGAN

Karena operasional bisnis kami hanya berfokus pada ritel dan distribusi, dan bukan manufaktur, kami berusaha meminimalkan dampak lingkungan melalui efisiensi energy dan pengelolaan limbah.

Penggunaan energi ramah lingkungan

Semua gerai baru kami menggunakan lampu LED hemat energi. Kebijakan ini pertama kali dilaksanakan di tahun 2013, dan sejak saat itu, 100% gerai kami telah dipasangi lampu LED. Pada tahun 2016, kami menandatangani perjanjian layanan penghematan energi bebas investasi, yang memungkinkan kami untuk menambahkan komponen lampu LED ke 17 gerai lagi di tahun 2017. Proyek LED, yang menggunakan 131.000 titik lampu LED di seluruh jaringan gerai, telah mengurangi total konsumsi listrik di seluruh gerai kami sejumlah sekitar 50%, yang setara dengan penghematan sekitar 35.000.000 kWh per tahun. Ini setara dengan reduksi emisi sebesar 24.000 ton karbon per tahun.

Pengelolaan Limbah
Sebagai peritel, kami menyediakan tas belanja plastik untuk kenyamanan belanja pelanggan kami. Namun, sejak tahun 2011, dalam rangka meminimalkan pencemaran lingkungan, kami hanya menggunakan tas belanja yang terbuat dari plastik biodegradable yang dapat terurai secara biologis dalam dua hingga empat tahun. Selain itu, banyak pelanggan kami yang menggunakan kembali tas ini untuk keperluan lain, alih-alih membuangnya langsung.

TANGGUNG JAWAB SOSIAL TERHADAP PENGEMBANGAN SOSIAL DAN KEMASYARAKATAN 

Pemanfaatan tenaga kerja lokal
Kami memprioritaskan rekrutmen tenaga kerja lokal, dan sebagian besar karyawan di gerai kami di setiap daerah direkrut secara lokal. Pembukaan gerai Matahari di suatu tempat juga berperan dalam menciptakan lapangan pekerjaan yang cukup signifikan, sehingga mendorong pertumbuhan ekonomi lokal, khususnya di kota-kota tingkat dua dan tiga di Indonesia.

Pemberdayaan Masyarakat
Kami berkomitmen untuk menghasilkan dampak sosial yang positif melalui bisnis kami. Selain memberikan kontribusi material bagi pembangunan ekonomi dan sosial setempat dengan menyediakan peluang kerja yang menarik dan disertai kompensasi ketenagakerjaan yang baik, kami juga berinvestasi dalam pemberdayaan manusia dan masyarakat melalui berbagai inisiatif kesehatan, pendidikan, dan penghidupan. Melalui program-program ini, kami bermitra dengan beberapa organisasi nirlaba setempat, termasuk Yayasan Dompet Dhuafa dan LAZISNU, Yayasan Pendidikan Harapan Papua, Badan Narkotika Nasional, Obor Berkat Indonesia, dan Ikatan Karyawan Matahari (IKM).

Kami juga memberikan donasi untuk berbagai organisasi, kegiatan, dan inisiatif, baik di tingkat lokal maupun nasional, termasuk penyediaan dana darurat untuk bantuan bencana di sepanjang tahun. Untuk sejumlah kasus, kami menyalurkan donasi yang berasal dari para pelanggan di gerai-gerai kami.

Kami bermitra dengan pihak-pihak yang memiliki rekam jejak yang baik di bidang pemberdayaan manusia dan masyarakat, dan melakukan uji kelayakan bagi setiap mitra pelaksana baru untuk memastikan bahwa program dan inisiatif yang kami dukung memenuhi standar integritas dan akuntabilitas tertinggi. Dengan demikian, kami berharap kegiatan pemberdayaan masyarakat kami dapat bermanfaat maksimal dan berkelanjutan bagi para penerima manfaatnya.

Program pengembangan masyarakat Matahari di tahun 2017 meliputi dukungan untuk hal-hal berikut:
Pendidikan
Untuk mendukung pendidikan di Indonesia, Kami telah menyalurkan total Rp 31.904 juta untuk inisiatif berikut:
1. Beasiswa untuk siswa berprestasi.
2. Bantuan keuangan untuk yayasan pendidikan.
3. Bantuan keuangan untuk membangun pusat penelitian di Universitas Indonesia.
4. Bantuan keuangan untuk mengembangkan ruang kelas di Labuan Bajo.

Sumbangan Amal
Kami menyediakan dana sebesar Rp 7.570 juta untuk berbagai yayasan sosial dalam mendukung kegiatan-kegiatan berikut:
1. Sumbangan KAFFAH untuk kegiatan spiritual karyawan.
2. Sumbangan untuk perayaan Natal Matahari.
3. Sumbangan untuk Social Mission Family Care di Atambua, NTT.
4. Sumbangan untuk Panti Asuhan.
5. Sumbangan Ramadhan untuk Forum Ukhuwah Karawaci.
6. Sumbangan untuk Perkumpulan Masyarakat Surakarta.

Kami telah menyumbangkan total Rp222 juta kepada sejumlah institusi sosial sehubungan dengan pembukaan gerai baru Matahari di beberapa kota, termasuk:
1. Tegal, Jawa Tengah
2. Madiun, Jawa Timur
3. Jember, Jawa Timur
4. Medan, Sumatera Utara
5. Cirebon, Jawa Barat
6. Baturaja, Sumatera Selatan
7. Lahat, Sumatera Selatan
8. Surabaya, Jawa Timur

Kami juga berkolaborasi dengan beberapa yayasan mitra dalam melakukan pekerjaan sosial dan kemanusiaan dengan melakukan mediasi dan distribusi dana yang dikumpulkan dari pelanggan. Skema ini sepenuhnya bersifat sukarela, sederhana dan sangat transparan: konsumen dapat menyumbangkan uang kembalian mereka ke kasir untuk organisasi atau tujuan tertentu. Semua dana yang dikumpulkan selama periode donasi diberikan kepada mitra Matahari untuk disalurkan dalam bentuk bantuan sosial di sejumlah komunitas. Program ini selalu mendapatkan respons yang antusias dari konsumen dan telah berkontribusi langsung untuk meningkatkan kehidupan banyak orang di banyak daerah yang membutuhkan bantuan.

Melalui mitra kami, Matahari telah mendistribusikan sumbangan amal yang terkumpul dari pelanggan tidak kurang dari Rp 1.620 juta, rinciannya antara lain:
1. Rp 791,6 juta disumbangkan ke Yayasan Pendidikan Harapan Papua.
2. Rp 350,4 juta disumbangkan ke Badan Narkotika Nasional melalui Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia (APRINDO).
3. Rp 278,4 juta disumbangkan ke Yayasan Obor Berkat Indonesia.
4. Rp 50 juta disumbangkan untuk membantu korban banjir di Bandung.
5. Rp 50 juta disumbangkan untuk membantu korban letusan Gunung Agung.
6. Rp 100 juta disumbangkan untuk membantu korban banjir di Manado.

KEGIATAN PELIBATAN MASYARAKAT YANG DILAKUKAN OLEH KARYAWAN

Karyawan Matahari secara sukarela menyumbangkan waktu dan keterampilan mereka untuk mengembangkan dan melaksanakan berbagai kegiatan pelibatan masyarakat untuk mengatasi permasalahan dan kebutuhan yang ada di tempat tersebut. Kegiatan ini diselenggarakan melalui Ikatan Karyawan Matahari, IKM, di tiap gerai, dan selalu didukung oleh Matahari. Kegiatan pelibatan masyarakat yang dilakukan oleh karyawan ini menciptakan nilai tambah bagi komunitas kami, ini membantu kami untuk mendapatkan kepercayaan dari para pemangku kepentingan kami dan membangun brand equity Matahari.

KOMUNIKASI KEBIJAKAN ANTI KORUPSI

Kebijakan kami dalam mencegah dan menghapuskan semua praktik korupsi di Matahari telah dinyatakan dalam Kode Etik kami. Kode Etik ini secara berkala disebarluaskan kepada karyawan, manajemen, dan pemasok, melalui pelatihan dan pertemuan, dan penanaman kebijakan dan prosedur dalam menangani gratifikasi dan penyuapan. Selain itu, anti-penipuan dan anti-korupsi juga turut dikomunikasikan pada kesempatan ini.

MEMASTIKAN TANGGUNG JAWAB PEMASOK

Kami berupaya untuk menjalin kerja sama dengan pemasok yang menerapkan standar tinggi dalam etika dan perilaku bisnisnya. Semua pemasok dan kontraktor kami adalah badan hukum, dengan demikian mereka diwajibkan untuk mematuhi peraturan-peraturan seperti upah minimum dan ketentuan lainnya dalam undang-undang ketenagakerjaan yang berlaku, undang-undang dan peraturan lingkungan, dan undang-undang yang mengatur kegiatan bisnis. Hal ini dicantumkan dalam perjanjian yang mengikat secara hukum dan ditelaah secara berkala. Betapapun juga, kami percaya bahwa 1) hubungan kami yang erat dan telah berjalan lama dengan sebagian besar pemasok, dan 2) inspeksi pabrik pihak eksternal secara teratur yang menjadi subjek mereka, dapat memberikan jaminan bahwa para pemasok kami telah memenuhi kewajiban hukum mereka terhadap kesehatan dan keselamatan karyawan, praktik ketenagakerjaan, dan pengelolaan dampak lingkungan. Apabila terdapat pemasok atau mitra kami yang terbukti tidak mematuhi kewajibankewajiban ini, maka hubungan kemitraan mereka dengan Matahari akan diputus.

 

TANGGUNG JAWAB SOSIAL TERHADAP KETENAGAKERJAAN, KESEHATAN, DAN KESELAMATAN KERJA

Matahari melaksanakan tanggung jawabnya kepada karyawan dengan menegakkan semua undang-undang dan peraturan terkait ketenagakerjaan yang relevan di tingkat lokal dan nasional, dan dengan menyediakan lingkungan kerja yang inklusif, adil dan bermanfaat. Mengenai praktik ketenagakerjaan di Matahari, komitmen terhadap kesetaraan gender dan kesempatan kerja yang setara, perputaran karyawan, mekanisme remunerasi dan keluhan telah dibahas di bagian Sumber Daya Manusia di halaman 82-93 dalam Laporan Tahunan ini.

Kesehatan dan Keselamatan di Lingkungan Kerja
Kami berkomitmen untuk menyediakan lingkungan kerja yang aman, sehat dan aman bagi karyawan. Semua gerai kami dilengkapi dengan peralatan keselamatan kerja seperti sistem sprinkler, alarm kebakaran dan alat pemadam kebakaran, dan kami telah menandai jalur keluar darurat dan tangga darurat dengan jelas. Staf gerai kami berpartisipasi dalam pelatihan kebakaran dan mendapatkan pengarahan keselamatan yang diselenggarakan oleh manajemen mal atau pusat perbelanjaan di mana gerai tersebut berada. Selain itu, sebuah ruangan khusus dijadikan unit kesehatan di setiap gerai. Dalam operasi logistik dan distribusi kami, semua karyawan secara rutin menerima arahan dan orientasi keselamatan terhadap peraturan dan panduan keselamatan kerja yang spesifik.

Tingkat kecelakaan kerja
Sampai penghujung tahun 2017, Matahari memiliki catatan keselamatan kerja yang bersih. Ini ditandai dengan tidak adanya satupun karyawan yang mengalami kecelakaan kerja.

TANGGUNG JAWAB SOSIAL TERHADAP PELANGGAN

Kesehatan dan Keselamatan Konsumen
Sebagai perusahaan yang sangat erat dengan pelayanan pelanggan, kami menempatkan prioritas tinggi terhadap perlindungan keselamatan dan hak pelanggan kami. Seperti disebutkan di atas, seluruh gerai kami telah sepenuhnya menjalankan standar keamanan setempat dan telah memasang akses menuju pintu keluar dan tangga darurat secara jelas serta alarm kebakaran, sistem sprinkler, dan alat pemadam kebakaran. Keamanan dan kenyamanan pelanggan kami adalah pertimbangan utama dalam perancangan setiap gerai kami, dan ini tercermin dalam keberadaan kamar mandi dan kamar pas, serta di dalam tata letak gerai itu sendiri.

Keamanan produk juga sangat penting bagi kami, terutama dalam hal barang dagangan yang dirancang untuk anak-anak dan bayi. Setiap produk bayi yang dijual di gerai kami telah disertifikasi oleh Standar Nasional Indonesia (SNI). Selain itu, semua produk telah melalui pemeriksaan jaminan kualitas sebelum ditempatkan di gerai. Namun, pelanggan terkadang menemukan cacat dalam produk yang dibeli dari Matahari. Oleh karena itu, semua produk kami dilindungi dengan kebijakan penjaminan dan garansi.

Informasi Produk
Informasi keselamatan tentang produk-produk tertentu, terutama produk bayi, ditampilkan dengan jelas pada kemasan produk (apabila tersedia) dan pada produk itu sendiri. Produk di gerai online kami, MatahariStore.com, disertai dengan deskripsi produk yang lengkap. Kami menyebarluaskan informasi umum mengenai produk, promosi dan penawaran terbaru secara online dan dalam bentuk brosur, booklet, dan spanduk, serta di televisi dan radio.

Mekanisme keluhan pelanggan
Sebagai peritel, kami secara konsisten berusaha memperkuat komitmen kami terhadap pelanggan dalam semua hal yang kami lakukan, dan tujuan kami adalah untuk memastikan bahwa pelanggan selalu puas dengan produk dan layanan kami. Jika mereka tidak puas, kami menyambut baik umpan balik yang akan membantu kami untuk berbenah, dan berupaya keras untuk menjawab setiap pertanyaan pelanggan dan menyelesaikan keluhan mereka. Kami memiliki kebijakan penukaran barang yang memungkinkan pelanggan untuk menukarkan barang-barang tertentu dengan produk serupa dalam waktu 7 hari setelah pembelian, atau 14 hari untuk produk yang dibeli secara online.

Pelanggan kami dapat mengajukan keluhan, memberikan umpan balik atau meminta informasi mengenai produk dan layanan Matahari, Matahari Rewards atau promosi dan program Matahari melalui saluran berikut:
• Layanan pelanggan di dalam gerai Matahari selama waktu operasional gerai;
• Layanan Call Centre Halo Matahari, yang dapat dihubungi melalui nomor telepon (021) 1500-838 dari pukul 08.00 sampai dengan 22.00, selama tujuh hari dalam seminggu. Semua panggilan telepon diterima oleh operator layanan pelanggan yang terlatih;
• Laman resmi Matahari, www.matahari.co.id, atau melalui panggilan telepon, fax, atau surat elektronik. Semua umpan balik pelanggan dicatat dan digunakan sebagai masukan untuk perbaikan pelayanan. Bila keluhan atau pertanyaan tidak dapat ditangani di panggilan pertama, maka keluhan tersebut akan diteruskan ke departemen terkait untuk ditindaklanjuti.