Manajemen Resiko

Kami berkomitmen untuk mengidentifikasi dan mengelola risiko yang tak terhindarkan muncul selama menjalankan kegiatan normal bisnis untuk meminimalkan potensi dampak negatif terhadap pencapaian tujuan bisnis strategis, reputasi, dan kesinambungan dan keberlanjutan bisnis. Pendekatan Matahari yang terintegrasi, di seluruh Perseroan untuk manajemen risiko dipimpin oleh Komite Manajemen Risiko, Komite Audit, Audit Internal dan Auditor Eksternal Perseroan, yang bekerja sama untuk mengidentifikasi, mengevaluasi dan memitigasi risiko dengan meninjau parameter risiko di berbagai bidang, khususnya sistem penting, area yang memengaruhi biaya dan/atau profitabilitas, kecurangan, dan penyalahgunaan wewenang.

Kerangka Kerja Manajemen Risiko Perseroan

Kerangka Kerja Enterprise Risk Management (ERM) Matahari menjelaskan tujuan manajemen risiko, strategi, tata kelola, organisasi, metodologi, proses pemantauan dan pelaporan Perseroan. Hal ini memungkinkan kami untuk mengidentifikasi dan menangani risiko secara proaktif di bidang strategis di setiap bagian organisasi. Sementara Direksi, Tim Manajemen dan komite terkait dan fungsi manajemen bertanggung jawab secara menyeluruh atas manajemen risiko, dengan ERM kami berupaya menanamkan budaya risiko di setiap tingkat organisasi dengan melibatkan semua karyawan, mitra bisnis, dan pemangku kepentingan lainnya dalam mengidentifikasi, memantau dan mengelola risiko. Kerangka kerja ERM meliputi:
  1. Identifikasi risiko, pengukuran, pemantauan dan pengendalian, termasuk kesadaran terhadap risiko;
  2. Infrastruktur manajemen risiko, termasuk struktur organisasi, sistem tata kelola, pengumpulan data, metode analisis, kebijakan dan prosedur dan pelaporan; dan
  3. Budaya perusahaan, termasuk pelatihan, pengukuran kinerja, pengembangan nilai dan imbalan.

Perseroan telah mengembangkan road map untuk menerapkan proses manajemen risiko di seluruh organisasi melalui beberapa fungsi dalam Loss Prevention, Keamanan dan Keselamatan, untuk melindungi aset Perseroan.

Pada saat yang sama, Program Pengawasan dan Penilaian Pengendalian Risiko telah dijalankan secara berkesinambungan untuk memastikan bahwa semua pemangku kepentingan (termasuk mitra bisnis) memahami dan mendukung pendekatan manajemen risiko di seluruh Perseroan. Oleh sebab itu, kami telah mengembangkan perlakuan risiko, toleransi risiko dan matriks kontrol risiko. Regular Internal Control Newsletter/Buletin dan Compliance Update, yang berisi informasi tentang risiko utama, praktik terbaik dalam mitigasi risiko, dan peraturan baru, telah didistribusikan ke semua pemilik proses bisnis beberapa kali dalam setahun. Sebagai bagian dari keseluruhan pendekatan manajemen risiko kami, kami mempertahankan kebijakan untuk tidak bertoleransi atas permasalahan terkait integritas.
.

Risiko Penting dan Mitigasi

Data tentang risiko utama dan pengendalian dalam setiap proses bisnis dihasilkan oleh Proyek Manajemen Risiko. Kami menggunakan data ini untuk menilai kemungkinan, tingkat keparahan atau dampak risiko spesifik terkait dengan situasi keuangan, operasi, karyawan, citra dan reputasi Perseroan, dan masalah regulasi.
Gerai-gerai Perseroan juga terdampak risiko keamanan. Untuk mengurangi risiko ini, kami telah menginstal sistem Pengawasan Artikel Elektronik canggih, yang mencakup Closed Circuit Television (CCTV), Pedestals dan alat sistem keamanan toko lainnya. Ini memungkinkan pengendalian yang lebih efektif atas operasi dengan mengaktifkan pemantauan yang ditingkatkan di gerai-gerai tertentu dengan profil risiko tinggi.
.