KOMITMEN TATA KELOLA PERUSAHAAN

Sebagai salah satu perusahaan terbuka terkemuka di Indonesia, Matahari berupaya menciptakan pertumbuhan dan nilai yang berkelanjutan bagi para pemegang saham dengan menjalankan kegiatan bisnis secara bertanggung jawab dan bertindak sebaik mungkin demi seluruh pemangku kepentingan. Sejalan dengan itu, Perseroan berkomitmen kuat untuk menegakkan prinsip-prinsip inti tata kelola perusahaan yang baik, sebagaimana didefinisikan oleh Organisation for Economic Cooperation and Development (OECD): Transparansi, Akuntabilitas, Tanggung Jawab, Kemandirian, dan Kesetaraan. Prinsip-prinsip tersebut, yang diuraikan di bawah, membentuk dasar Kode Etik Perseroan.

1. Transparansi
Perseroan siap memberikan informasi yang jelas, akurat, lengkap dan tepat waktu kepada para pemegang saham dan pemangku kepentingan lainnya, dalam bentuk laporan keuangan, informasi investor, dan materi atau pengungkapan terkait lainnya yang tersedia di situs web Perseroan, www.matahari.co.id, dan diungkapkan dalam laporan tahunan.

2. Akuntabilitas
Manajemen menerima mandat dari pemegang saham dan pemangku kepentingan lainnya sehubungan dengan pelaksanaan strategi dan pencapaian tujuan Perseroan, dan siap untuk bertanggung jawab atas seluruh tindakan dan keputusan yang diambil kepada Dewan, pemegang saham, dan pihak berkepentingan lainnya. Dewan Komisaris bertanggung jawab atas pengawasan efektif Manajemen dan akuntabilitas mereka kepada para pemegang saham.

3. Tanggung Jawab
Perseroan patuh terhadap hukum dan peraturan yang relevan dan menghormati hak semua pemangku kepentingan. Perseroan juga memenuhi tanggung jawabnya untuk melindungi dan mendukung upaya menciptakan lingkungan yang berkelanjutan, kesejahteraan masyarakat, dan kehidupan yang sehat.

4. Independensi
Perseroan mengelola bisnis secara profesional, tanpa ada konflik kepentingan atau pengaruh atau tekanan dari pihak manapun yang bertentangan dengan hukum dan peraturan. Hal ini ditunjukkan dalam objektifitas pengambilan keputusan, yang bebas dari intervensi dalam bentuk apapun dari pihak ketiga.

5. Kesetaraan
Perseroan memperlakukan semua pemegang saham secara adil dan setara, terlepas dari apakah mereka pemegang saham mayoritas atau minoritas, dan menjamin hak-hak pemegang saham dan pemangku kepentingan. Oleh karena itu, Peseroan selalu memberikan kesempatan setara kepada semua pemegang saham untuk melakukan pengambilan keputusan dan berhadapan dengan Perseroan di RUPS, dan memperlakukan semua pemangku kepentingan secara adil dengan memberikan kesempatan yang sama dalam hal ketenagakerjaan, pelatihan, promosi, akses informasi, dan sebagainya.