Matahari berkomitmen kuat untuk menerapkan prinsip-prinsip tata kelola perusahaan yang baik, yaitu transparansi, akuntabilitas, tanggung jawab, indepedensi, keadilan, dan kesetaraan, yang diwujudkan dalam nilai-nilai inti Perusahaan. Nilai-nilai ini diabadikan dalam Kode Etik Perseroan, yang berfungsi sebagai panduan bagi Dewan Manajemen, Dewan Direksi, Dewan Komisaris dan semua karyawan Perseroan dalam melaksanakan tugas sehari-hari mereka, dengan menetapkan standar yang diterima dari melakukan interaksi mereka dengan karyawan, pemegang saham, mitra usaha, dan pejabat regulator lainnya.

Perseroan juga telah menerapkan Kode Etik untuk mitra usahanya, yang secara berkala ditinjau, disosialisasikan, dan ditandatangani oleh semua mitra usaha Perseroan untuk memperoleh pemahaman bersama tentang pentingnya menjunjung tinggi etika bisnis dalam melakukan bisnis dengan Perseroan.

Kode Etik ini mendorong staf dan/atau mitra usaha untuk:

1. Meningkatkan akuntabilitas, transparansi, dan kepatuhan terhadap hukum dan peraturan yang ada;

2. Melaksanakan tugas dengan tingkat profesionalisme dan integritas tertinggi;

3. Menghindari untuk memberi, meminta dan/atau menerima hadiah perusahaan yang tidak wajar, suap dan bentuk pemberian lainnya.

4. Menghindari kegiatan yang dapat menimbulkan konflik kepentingan dengan pekerjaan karyawan atau saat melakukan kerjasama/bisnis dengan Perusahaan; dan

5. Melindungi informasi milik Perusahaan, baik selama dan setelah masa kerja Karyawan atau melakukan kerjasama/bisnis dengan Perusahaan.

Kode Etik ini dipromosikan secara teratur di seluruh Perseroan, dan semua karyawan serta mitra usaha yang ada dan yang baru harus menandatangani Kode Etik setidaknya setiap dua tahun. Semua karyawan menyadari bahwa jika ada pelanggaran terhadap Kode Etik, Perseroan dapat mengambil tindakan disipliner termasuk pemutusan hubungan kerja. Selain itu, Kode Etik ini ditinjau dan diperbarui secara berkala untuk memastikan bahwa Kode Etik tersebut selaras dengan tujuan Kode Etik yang dimaksudkan, yaitu untuk:

1. Mengintegrasikan nilai-nilai Perseroan ke dalam praktik bisnis etis karyawan dan mitra usaha sejalan dengan visi dan misi Perseroan.

2. Menjelaskan dengan jelas nilai-nilai Perseroan dan perilaku yang dapat diterima yang harus diikuti oleh semua karyawan dan mitra usaha dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawab mereka sehari-hari.

3. Memberikan pedoman dasar untuk semua tingkatan di Perseroan sehubungan dengan interaksi antara pengusaha dan karyawan, pemegang saham, Pemerintah, dan pemangku kepentingan lainnya dan juga diterapkan dengan semua mitra usaha.