Audit Internal

Audit Internal (IA) berfungsi secara independen terhadap manajemen untuk memberikan jaminan yang obyektif dan profesional atas kecukupan dan efektivitas sistem pengendalian internal dan manajemen risiko Perseroan, dan mengenai tata kelola secara umum. IA juga bertanggung jawab untuk menyediakan layanan konsultasi dan rekomendasi untuk memperkuat pengendalian internal dan masalah operasional khusus lainnya.

Piagam Audit Internal

Perseroan mematuhi POJK No. 56/POJK.04/2015 tentang Pembentukan dan Pedoman Piagam Audit Internal tanggal 22 Juni 2020 dengan memiliki Piagam Audit Internal yang mengatur tanggung jawab Audit Internal. Dalam menjalankan tugas dan tanggung jawabnya, Audit Internal mengacu pada Piagam Audit Internal, yang meliputi:
1. Struktur organisasi Audit Internal dan posisinya dalam Perseroan;
2. Kualifikasi, tugas, tanggung jawab, dan wewenang auditor;
3. Prosedur pengangkatan, penggantian dan pemberhentian auditor;
4. Perencanaan, pedoman, dan prosedur pelaporan Unit Audit Internal;
5. Independensi dan objektivitas Unit Audit Internal; dan
6. Kode Etik Auditor Internal.


Piagam ini dikaji dan diperbarui secara berkala dan juga tersedia di www.matahari.co.id.

Struktur Audit Internal

Secara struktural, Audit Internal bersifat independen terhadap seluruh unit bisnis Perseroan dan melapor langsung kepada Presiden Direktur, sebagaimana terlihat pada bagan organisasi Perseroan pada bab Profil Perusahaan pada Laporan ini.

Unit Audit Internal dipimpin oleh Kepala RM & IA, yang diangkat dan diberhentikan oleh Presiden Direktur, berdasarkan Surat Edaran tentang Pengangkatan Kepala RM & IA, dengan persetujuan Dewan Komisaris.

Berdasarkan Surat Edaran Dewan Komisaris tanggal 1 Mei 2013, Maju Tarigan menjabat sebagai Kepala Audit Internal Perseroan dan bertanggung jawab langsung kepada Presiden Direktur Perseroan.
Penunjukannya dilakukan setelah terjadi penggabungan Divisi Audit and Social Affairs dengan Divisi Manajemen Risiko.

Tugas dan Tanggung Jawab

Sebagaimana tercantum dalam Piagam Audit Internal, Unit Audit Internal menjalankan tugas dan tanggung jawab sebagai berikut:
• Menyusun dan melaksanakan Rencana Audit Internal tahunan;
• Mengevaluasi implementasi sistem pengendalian internal dan manajemen risiko Perseroan, merekomendasikan area-area yang memerlukan perbaikan, dan memantau efektivitas tindak lanjut yang direkomendasikan;
• Mengevaluasi efisiensi dan efektivitas kinerja Perseroan pada area strategis utama, termasuk keuangan, akuntansi, operasi, sumber daya manusia, pemasaran dan teknologi informasi;
• Melakukan audit dan/atau investigasi khusus apabila diperlukan;
• Menyiapkan laporan temuan audit untuk Presiden Direktur, Dewan Komisaris dan Komite Audit;
• Memberikan informasi yang objektif serta rekomendasi yang memiliki nilai tambah untuk peningkatan kegiatan yang sedang ditinjau di semua tingkatan manajemen;
• Memantau, menganalisis, dan menyusun laporan implementasi tindak lanjut atas perbaikan yang direkomendasikan;
• Bekerja sama dengan Komite Audit;
• Merancang program untuk aktivitas penilaian kualitas yang dilakukan oleh Unit Audit Internal.