KOMITMEN TATA KELOLA PERUSAHAAN

Matahari percaya bahwa tata kelola perusahaan yang baik adalah dasar untuk memberikan pertumbuhan yang berkelanjutan dan menguntungkan bagi para pemegang saham.

Dengan demikian, Perseroan berkomitmen untuk melakukan bisnis secara bertanggung jawab dan dengan integritas, dan bertindak setiap saat demi kepentingan terbaik pemegang saham dan pemangku kepentingan lainnya, termasuk manajemen, karyawan, pelanggan, pemasok, dan masyarakat. Oleh karena itu Perseroan secara konsisten berusaha untuk menjunjung tinggi prinsip-prinsip inti dari tata kelola perusahaan yang baik sebagaimana didefinisikan oleh Organisation for Economic Cooperation and Development (OECD): Transparansi, Akuntabilitas, Tanggung Jawab, Kemandirian, dan Kesetaraan. Kelima prinsip ini memberikan dasar untuk Kode Etik Matahari

  1. Transparansi
      Perseroan secara konsisten memberikan informasi yang jelas, akurat, lengkap dan tepat waktu kepada pemegang saham dan pemangku kepentingan lainnya, dalam bentuk laporan keuangan, informasi investor, dan materi atau pengungkapan terkait lainnya. Ini mudah diakses di situs web Perseroan, www.matahari.co.id, dan diungkapkan dalam laporan tahunan Perseroan.

  2. Akuntabilitas
      Manajemen menerima mandat dari para pemegang saham dan pemangku kepentingan lainnya sehubungan dengan pelaksanaan strategi dan pencapaian tujuan Perseroan dan siap untuk mempertanggungjawabkan semua tindakan dan keputusannya kepada Dewan Komisaris, pemegang saham, dan pihak berkepentingan lainnya. Dewan Komisaris bertanggung jawab dalam melakukan pengawasan yang efektif kepada Manajemen dan pertanggungjawabannya kepada para pemegang saham.

  3. Tanggung Jawab
      Perseroan mematuhi hukum dan peraturan yang relevan dan menghormati hak-hak semua pemangku kepentingan. Ini juga memenuhi tanggung jawabnya untuk melindungi dan mempromosikan keberlanjutan lingkungan, kesejahteraan masyarakat, dan hidup sehat.

  4. Independensi
      Perseroan mengelola bisnis secara profesional, tanpa konflik kepentingan atau pengaruh atau tekanan dari pihak mana pun yang bertentangan dengan hukum dan peraturan. Ini ditunjukkan dalam pengambilan keputusan obyektif Perseroan, yang bebas dari campur tangan pihak ketiga.

  5. Kesetaraan
      Perseroan memperlakukan seluruh pemegang saham secara adil dan setara, terlepas dari apakah mereka pemegang saham mayoritas atau minoritas, dan menjamin hak-hak pemegang saham dan pemangku kepentingan. Oleh karena itu Perseroan selalu memberikan kesempatan yang sama kepada seluruh pemegang saham untuk melakukan pengambilan keputusan dan berhadapan dengan Perseroan dalam RUPS, dan memperlakukan seluruh pemangku kepentingan secara adil dengan memberikan kesempatan yang sama terkait dengan ketenagakerjaan, pelatihan, promosi, akses ke informasi, dan sebagainya.