Tanggung Jawab Sosial Perusahaan

Sebagai perusahaan publik terkemuka, menyadari bahwa, kami bertanggung jawab tidak hanya kepada pemegang saham tetapi juga kepada kelompok pemangku kepentingan yang lebih luas yang terkena dampak oleh kegiatan operasional kami. Oleh karena itu, dalam membuat keputusan bisnis, kami berusaha untuk memperhitungkan implikasi sosial dan lingkungan yang potensial serta dampaknya terhadap bisnis itu sendiri. Kami juga memahami bahwa investasi yang kami lakukan yang melibatkan seluruh pemangku kepentingan dan tanggung jawab lingkungan adalah investasi keberlanjutan jangka panjang bisnis kami yang berdampak pada pengembangan ekonomi lokal, mata pencaharian dan kualitas lingkungan, serta meningkatkan nilai reputasi Perseroan. Oleh karenanya, kami berinisiatif, mengimplementasikan dan/atau mendukung berbagai program yang menciptakan nilai bagi para pemangku kepentingan.

Para pemangku kepentingan utama Perseroan, yaitu pihak yang pada dasarnya terkena dampak dari kegiatan operasional kami, antara lain adalah karyawan, pelanggan, pemasok, dan masyarakat yang tinggal di sekitar area tempat kami beroperasi.
Dampak utama pada aspek sosial dan ekonomi dari kegiatan operasional kami berkaitan dengan keamanan produk, keselamatan dan kenyamanan konsumen, kesehatan dan kesejahteraan karyawan kami, praktik ketenagakerjaan dan hak asasi manusia, dan sumber pasokan yang bertanggung jawab. Sebagai perusahaan yang tidak secara langsung melakukan kegiatan manufaktur, yang menjadi dampak utama terhadap lingkungan dari kegiatan operasional adalah pengemasan limbah dan penggunaan energi di gerai dan pusat distribusi kami.

Program CSR Matahari dirancang untuk memperkuat keterlibatan kami dengan para pemangku kepentingan dan melibatkannya dalam menciptakan nilai tambah yang berkelanjutan, yang mungkin terkait dengan mata pencaharian masyarakat, kualitas lingkungan, nilai bagi pelanggan, kondisi kerja dan sebagainya.

  TANGGUNG JAWAB SOSIAL TERHADAP LINGKUNGAN

     Meskipun bisnis Matahari tidak secara langsung terkait dengan pemanfaatan sumber daya alam, kami berkomitmen untuk berkontribusi pada konservasi lingkungan alami dan mengurangi dampak negatif lingkungan sejauh yang kami bisa, misalnya melalui pengelolaan limbah yang bertanggung jawab, mengurangi konsumsi energi dan mempromosikan penggunaan bahan yang ramah lingkungan.

Mengurangi Penggunaan Energi

Lampu LED hemat energi digunakan di semua gerai kami. Mulai tahun 2013, lampu LED dipasang di semua gerai baru, dan semua gerai yang ada sekarang telah dipasang juga. Investasi kami dalam lampu LED menghasilkan pengurangan 50% dalam konsumsi listrik di toko kategori besar serta penghematan tahunan sekitar 35.000.000 kWh per tahun, atau setara dengan 24.000 ton emisi karbon setiap tahun. Manfaat tambahan lampu LED adalah menciptakan suasana gerai yang lebih nyaman bagi pelanggan.
*)note: Faktor emisi karbon 0,6857 kg CO2/kWh/Carbon emission factor of 0.6857 kg CO2/kWh

Mengelola Limbah
Dampak dari limbah plastik yang merusak lingkungan adalah masalah global yang semakin kritis, dan secara khusus sudah mengkhawatirkan di Indonesia. Dalam menghadapi tantangan ini, Matahari beralih ke kantong plastik biodegradable sejak 2011. Namun, mengingat bahwa tas ini masih membutuhkan waktu bertahun-tahun untuk rusak, pada tahun 2018 Matahari mengambil inisiatif memperkenalkan tas bebas plastik yang terbuat dari pati singkong. Tas-tas ini, yang masih berlogo Matahari, 100% dapat terurai secara hayati dan aman untuk hewan jika tidak sengaja tertelan. Kami terus mengedarkan tas berbasis singkong ke seluruh gerai di Indonesia pada tahun 2019.
Pengelolaan limbah di toko dan pusat distribusi kami ditangani bersama dengan pihak ketiga. Kami berupaya memastikan bahwa mitra tersebut mematuhi peraturan yang berlaku dengan, misalnya meminta informasi tentang metode pengelolaan limbah mereka, khususnya mengenai daur ulang, pengomposan, pembakaran, pembuangan ke tempat pembuangan sampah, penyimpanan khusus, dan sebagainya.

  TANGGUNG JAWAB SOSIAL TERHADAP PENGEMBANGAN SOSIAL DAN MASYARAKAT

Pemanfaatan tenaga kerja lokal
Matahari berkontribusi untuk mendorong pertumbuhan ekonomi lokal dengan memberikan peluang kerja yang layak, kompensasi yang cukup untuk masyarakat lokal di seluruh Indonesia. Kami memiliki kebijakan untuk merekrut secara lokal sejauh mungkin, dan sebagian besar staf di setiap gerai kami berasal dari daerah setempat. Keberadaan gerai Matahari format besar memiliki dampak positif dan signifikan terhadap perekonomian lokal, terutama di kota-kota tingkat kedua dan ketiga di seluruh negeri, mulai dari penyerapan tenaga kerja, produk, dan layanan lokal hingga pembayaran pajak daerah.

Pemberdayaan Masyarakat
Kami berkomitmen untuk membuat dampak positif pada komunitas yang kami layani dan meminimalkan dampak negatif terhadap lingkungan dan masyarakat yang timbul dari operasi kami. Oleh karena itu kami berusaha untuk memulai, mengimplementasikan atau mendukung program dan inisiatif yang menciptakan nilai bagi para pemangku kepentingan kami, yang tidak hanya mencakup karyawan, pelanggan, dan mitra bisnis tetapi juga komunitas yang lebih luas di mana kami beroperasi.
Selain dampak positif dari gerai Matahari yang dijelaskan di atas, kami juga berupaya memberdayakan masyarakat dengan berinvestasi di berbagai inisiatif kesehatan, pendidikan dan mata pencaharian dalam kemitraan dengan berbagai organisasi nonprofit, termasuk Yayasan Dompet Dhuafa, LAZISNU, Pendidikan Harapan Papua, UNICEF dan Ikatan Karyawan Matahari (IKM).

Kami juga berkomitmen untuk membangun ketahanan masyarakat di saat dibutuhkan, seperti memberikan dukungan finansial dan material kepada masyarakat yang terkena dampak bencana alam, menggunakan sebagian dana yang dikumpulkan dari pelanggan kami melalui skema pemberian amal di gerai kami, serta dana dari Perseroan. Pada tahun 2019 kami berkontribusi pada upaya pembangunan kembali kerusakan akibat gempa bumi dan tsunami pada tahun 2018 yang menghancurkan Palu, Sulawesi Tengah, serta dukungan bagi para korban banjir di Tegalluar, Jawa Barat.

Kami berupaya memastikan bahwa program sumbangan amal kami sepenuhnya dapat dipertanggungjawabkan dan secara transparan dapat dipantau aliran dana yang kami sumbangkan, baik dari Perseroan maupun dari pelanggan kami, yang diarahkan kepada program dan inisiatif yang memberikan dampak maksimum dan hasil yang berkelanjutan bagi para penerima manfaat. Karena itu, kami melakukan due dilligence yang menyeluruh terhadap calon mitra pelaksana untuk memastikan bahwa mereka memiliki rekam jejak yang kuat dalam mendukung dan melaksanakan proyek yang memberdayakan komunitas dan masyarakat, dan memiliki reputasi yang berintegritas.

Inisiatif Karyawan Menjangkau Masyarakat
Banyak dari karyawan kami yang secara teratur ikut serta, atas dasar sukarela, berinisiatif menjangkau masyarakat untuk menangani kebutuhan lokal tertentu. Perseroan telah memberikan dukungan terhadap program yang di prakarsai oleh karyawan melalui Ikatan Karyawan Matahari (IKM) yang menawarkan dana dan dukungan organisasi. Kami percaya bahwa inisiatif tersebut memainkan peran yang berharga dalam memperkuat ekuitas merek Matahari dengan menciptakan nilai tambah bagi masyarakat dan memperkuat hubungan yang mendalam antara gerai kami dan komunitas yang dilayani.

Memprioritaskan Pemasok Lokal
Kami berusaha sebisa mungkin untuk menggunakan produk dalam negeri. Kami percaya bahwa hal ini akan memberi kontribusi pada peningkatan mitra lokal yang pada gilirannya dapat membawa kontribusi untuk membangun ketahanan ekonomi nasional.
Selain itu, memprioritaskan mitra dalam negeri dapat mengurangi eksposur Perseroan terhadap risiko rantai pasokan dan risiko mata uang asing seraya dapat memberikan penawaran harga yang lebih kompetitif kepada pelanggan.
Memastikan Tanggung Jawab Pemasok Kami bekerja dengan lebih dari 1.000 pemasok di seluruh Indonesia yang merupakan bagian penting dari bisnis kami. Namun, kami berusaha untuk bekerja hanya dengan mitra yang memiliki standar tinggi tentang perilaku bisnis yang bertanggung jawab, berkelanjutan, dan etis. Semua pemasok dan kontraktor wajib mematuhi undang-undang perburuhan, termasuk peraturan tentang upah minimum, cuti dan pekerja anak; hukum dan peraturan lingkungan; dan hukum bisnis lainnya yang berlaku.
Walaupun Perseroan belum memiliki Kode Pemasok resmi, kami percaya bahwa kami memiliki jaminan yang wajar atas kepatuhannya karena fakta bahwa
  1) mereka harus menjalani inspeksi pabrik eksternal secara berkala oleh otoritas setempat;
  2) kami melakukan kunjungan rutin ke pemasok sendiri; dan
  3) kami memiliki hubungan kerja yang sudah lama dengan mayoritas pemasok kami dan sangat akrab dengan praktik kerja mereka.
Jika ditemukan bahwa salah satu pemasok atau mitra kami tidak mematuhi kewajiban hukum terkait kesehatan dan keselamatan karyawan, praktik ketenagakerjaan dan mengelola dampak lingkungan, maka hubungan kemitraan dengan Peseroan akan berakhir.

Komunikasi Kebijakan Anti Korupsi
Pedoman Perilaku Matahari menetapkan kebijakan ketat untuk mencegah dan menghapuskan praktik korupsi serta menjadi panduan kami dalam menyikapi pemberian hadiah, penyuapan, dan konflik kepentingan. Semua ini berlaku tidak hanya untuk seluruh karyawan di Perseroan tetapi juga untuk pemasok, kontraktor, dan vendor pihak ketiga kami. Karyawan, manajemen, dan pemasok secara berkala diingatkan tentang Pedoman Perilaku melalui kampanye, pelatihan, pertemuan, dan peningkatan kesadaran tentang mekanisme pelapor kami, Suara Matahari.

  TANGGUNG JAWAB SOSIAL TERHADAP KETENAGAKERJAAN, KESEHATAN, DAN KESELAMATAN KERJA

  Kami berkomitmen untuk memastikan bahwa semua karyawan kami berada dalam kondisi lingkungan kerja yang sehat, aman dan nyaman; lingkungan yang inklusif di mana setiap orang merasakan perlindungan dan perlakuan yang sama, dan memiliki kesempatan untuk mengikuti program pelatihan dan pengembangan. Dalam menjalankan komitmen ini, Matahari mematuhi undang-undang dan peraturan pemerintah daerah dan pusat terkait ketenagakerjaan dan kondisi kerja, termasuk ketentuan tentang upah minimum menurut undang-undang, tunjangan hari libur dan liburan, lembur, jaminan sosial dan asuransi kesehatan. Kebijakan dan praktik ketenagakerjaan Perseroan dibahas secara lebih rinci di bagian Sumber Daya Manusia dalam Laporan Tahunan 2019.

Kesehatan dan Keselamatan Kerja
Untuk memastikan tempat kerja yang aman, sehat, dan aman bagi karyawan, kami telah memasang perangkat keselamatan seperti sistem sprinkler, alarm kebakaran, dan alat pemadam kebakaran di setiap toko dan pusat distribusi, dan menyediakan rambu yang jelas untuk pintu darurat dan tangga. Di setiap gerai dan pusat distribusi, ada area khusus di mana staf atau pelanggan yang merasa kurang sehat dapat beristirahat. Kami juga memastikan bahwa staf dipersiapkan dengan baik untuk menjaga keselamatan diri sendiri dan rekan kerjanya maupun pelanggan jika terjadi keadaan darurat. Karyawan yang bekerja di gerai berpartisipasi dalam briefing keselamatan rutin dan latihan kebakaran yang diselenggarakan oleh manajemen mal atau pusat perbelanjaan di mana gerai berada, sementara karyawan di pusat distribusi dan operasi logistik melakukan briefing keselamatan secara rutin. Setiap tahun, beberapa staf pusat distribusi menjalani pelatihan Pertolongan Pertama yang disediakan oleh SOS International.

Jumlah kecelakaan kerja
Tidak ada satu pun karyawan Matahari di semua gerai, pusat distribusi, atau support centre yang mengalami kecelakaan kerja pada tahun 2019, sehingga dapat dipastikan bahwa tahun ini safety record Perseroan tidak mencatat kejadian apa pun.

Praktik Ketenagakerjaan Lainnya
Informasi lain yang terkait dengan praktik ketenagakerjaan, termasuk kesetaraan gender dan peluang kerja, tingkat pergantian karyawan, remunerasi, masalah ketenagakerjaan, dan mekanisme pengaduan dibahas di bagian Sumber Daya Manusia dalam Laporan Tahunan 2019. Sampai penghujung tahun 2017, Matahari memiliki catatan keselamatan kerja yang bersih. Ini ditandai dengan tidak adanya satupun karyawan yang mengalami kecelakaan kerja.

  TANGGUNG JAWAB SOSIAL TERHADAP KONSUMEN

Kesehatan dan Keselamatan Konsumen
Kami menerapkan standar ketat pada semua gerai kami untuk memastikan keamanan dan kenyamanan pelanggan kami. Setiap gerai memenuhi standar dan peraturan keselamatan setempat dan dilengkapi dengan alarm kebakaran, alat pemadam kebakaran, dan sistem sprinkler. Akses ke pintu darurat dan tangga ditampilkan dengan jelas, dan kami melakukan inspeksi rutin untuk memastikan bahwa tidak ada potensi bahaya keselamatan. Tata letak toko dirancang dengan mengutamakan kenyamanan dan keamanan pelanggan, dan di semua toko kami memastikan bahwa kamar mandi pelanggan, ruang pas, dan ruang sholat selalu bersih dan dirawat dengan baik.
Keamanan produk adalah prioritas tinggi lainnya. Kami memiliki prosedur ketat untuk menjaga kualitas produk, terutama produk untuk anak-anak dan bayi, harus aman digunakan. Kami melakukan pemeriksaan jaminan kualitas pada semua produk sebelum menempatkannya di gerai. Selain itu, semua produk bayi yang dijual di gerai Matahari telah mendapatkan sertifikasi oleh otoritas standar kualitas nasional, SNI. Namun, terlepas dari upaya ini, pelanggan kadang-kadang dapat menemukan cacat pada produk yang dibeli dari Matahari. Karena itu, kami telah menjamin semua produk kami dengan kebijakan warranty dan garansi.
Demi keselamatan pelanggan dan karyawan, kami menutup sejumlah gerai pada berbagai waktu selama masa kampanye menjelang pemilihan presiden dan parlemen 2019, untuk mengantisipasi jika ada demonstrasi besar di sekitar gerai. .

Informasi Produk
Semua produk, terutama produk bayi dan kosmetik, diberi label dengan jelas dengan informasi (jika relevan) tentang komponen, bahan, metode penggunaan, tanggal kadaluwarsa dan dampaknya. Jika diperlukan, informasi keselamatan ditampilkan dengan jelas pada kemasan produk (jika ada) dan/atau pada produk itu sendiri. Produk yang dijual melalui MATAHARI.com disertai dengan deskripsi produk yang lengkap. Jika diperlukan, informasi lebih lanjut dapat diperoleh melalui saluran layanan pelanggan kami. Kami juga menyebarkan informasi umum tentang produk baru, promosi dan penawaran melalui platform online kami, di televisi dan radio, pada spanduk, dan di brosur dan buklet.

Mekanisme Keluhan Pelanggan
Memastikan bahwa pelanggan puas dengan produk dan layanan kami adalah prioritas tinggi untuk Matahari. Kebijakan retur barang yang kami terapkan memungkinkan pelanggan untuk menukar barang tertentu dengan produk serupa dalam 7 hari setelah pembelian, atau dalam 14 hari untuk produk yang dibeli secara online.

Kami menerima saran, keluhan, kritik membangun dan permintaan informasi tentang produk dan layanan Matahari, gerai kami, MATAHARI.com, Matahari Rewards atau promosi lainnya. Hal ini dapat disampaikan melalui layanan customer service kami di bawah ini: › Counter customer service di semua gerai Matahari selama jam operasional; › Halo Matahari customer call centre, yang dapat dihubungi di (021) 1500038 mulai pukul 08.00 hingga 22.00, SeninMinggu. Semua panggilan diterima oleh operator customer service yang terlatih;
  › Email ke alamat help@matahari.com
  › Informasi langsung melalui situs web Matahari, www.matahari.co.id
  › Melalui akun media sosial kami:
    Facebook : Matahari
    Twitter      : @gayamatahari
    Instagram : @matahari
    YouTube   : MATAHARI
    Line          : Matahari Dept. Store

Pertanyaan dan keluhan pelanggan pada awalnya ditangani oleh operator customer service. Jika mereka tidak dapat diselesaikan segera, akan diteruskan ke departemen terkait untuk ditindaklanjuti. Semua masukan dari pelanggan dicatat dan digunakan untuk memandu peningkatan dalam kualitas produk dan layanan kami.

  TANGGUNG JAWAB SOSIAL TERHADAP HAK ASASI MANUSIA

   Perseroan berkomitmen untuk menegakkan hak asasi manusia dan, melalui kepatuhannya pada hukum perburuhan Indonesia, telah menjamin untuk tidak menggunakan kerja paksa, perdagangan pekerja atau pekerja anak di mana pun dalam kegiatan operasional kami. 

  TANGGUNG JAWAB SOSIAL TERHADAP OPERASI YANG ADIL

  Kode Etik Perseroan menegaskan komitmen kami terhadap praktik kerja yang adil dan etis dengan memberikan panduan khusus, antara lain dalam memerangi korupsi, penyalahgunaan keuangan dan kekuasaan. Selain itu, karyawan memiliki hak dan secara eksplisit didorong untuk melaporkan perilaku yang salah atau tidak etis melalui jalur pelaporan yang dapat dirahasiakan, yang melindungi mereka dari tindakan pembalasan. Rincian lebih lanjut tentang Kode Etik dan mekanisme pelaporan dapat ditemukan di bagian Tata Kelola Perusahaan dalam Laporan Tahunan 2019.