Sekretaris Perusahaan

Sekretaris Perusahaan Matahari merupakan penghubung Perseroan dengan otoritas jasa keuangan, investor, analis dan masyarakat, yang bertanggung jawab untuk memastikan kepatuhan Perseroan kepada peraturan-peraturan yang berlaku serta kepada prinsip tata kelola Perusahan yang baik.

Sekretaris Perusahaan adalah Miranti Hadisusilo, yang diangkat pada tanggal 15 Oktober 2010 sesuai Keputusan Direksi PT Matahari Department Store Tbk 103/MDS/X/2010 mengenai Pengangkatan Sekretaris Perusahaan. Profil singkat Sekretaris Perusahaan dapat ditemukan di profil Managemen http://matahari.co.id/id/managements/tim-manajemen/96

Pada tanggal 8 Desember 2014, OJK mengeluarkan peraturan baru, yakni Peraturan OJK No. 35/POJK.04/2014 mengenai Sekretaris Perusahaan. Pengangkatan, peran, dan tanggung jawab Sekretaris Perusahaan Matahari sepenuhnya tunduk pada peraturan baru tersebut.

Tugas dan Tanggung Jawab

Sebagaimana ditentukan dalam Anggaran Dasar Perseroan dan sesuai dengan Peraturan OJK No. 35/POJK.04/2014, tugas dan tanggung jawab Sekretaris Perusahaan meliputi:

1. Memantau perkembangan di pasar modal, khususnya terkait perubahan dalam undang-undang dan peraturan;

2. Memberi saran kepada Direksi terkait kepatuhan terhadap ketentuan UU No. 8/1995 tentang Pasar Modal dan peraturan pelaksanaannya, dan perundang-undangan lain yang relevan;

3. Berperan sebagai penghubung utama antar Perseroan, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan publik mengenai pengungkapan informasi yang relevan dengan status Perseroan sebagai perusahaan publik (seperti informasi tentang kinerja dan kegiatan keuangan dan operasional Perseroan);

4. Memfasilitasi pencatatan dan pengarsipan risalah dari semua rapat umum pemegang saham dan rapat Dewan;

5. Memastikan bahwa otoritas terkait menerima semua laporan yang wajib disediakan oleh perusahaan publik, seperti laporan triwulanan, laporan manajemen, dan laporan tahunan.

 

Program dan Implementasi
Tahun 2019, Sekretaris Perusahaan melakukan kegiatan utama sebagai berikut:

  1. Mengawasi persiapan dan penyebaran informasi material tentang Perseroan kepada OJK, investor, analis, dan masyarakat umum, dan berfungsi sebagai titik kontak utama mereka dengan Perseroan;
  2. Menjaga komunikasi rutin dengan pemangku kepentingan eksternal dan memastikan bahwa informasi tentang kinerja, operasi, dan isu-isu terkait Matahari lainnya diungkapkan kepada publik secara tepat waktu;
  3. Memastikan bahwa risalah rapat Dewan Komisaris, Direksi dan Tim Manajemen dicatat, disebarluaskan, dan diarsipkan sesuai dengan peraturan dan kebijakan Perseroan;
  4. Mengkoordinasikan organisasi Rapat Umum Pemegang Saham;
  5. Memberikan 126 laporan wajib kepada otoritas terkait, termasuk laporan triwulanan, laporan manajemen, dan laporan tahunan; dan
  6. Mengelola pengeluaran dana untuk program Tanggung Jawab Sosial Perseroan.