KETENTUAN DAN PERSYARATAN KEANGGOTAAN MATAHARI REWARDS-OVO

KETENTUAN UMUM

(1). Matahari Rewards-OVO adalah Kartu Keanggotaan Loyalty Program yang berbentuk kartu fisik dan/atau kartu digital (“Kartu”) yang diterbitkan bersama-sama oleh PT Matahari Department Store Tbk ("Matahari") dan PT Visionet Internasional (“VI”) yang ditujukan kepada konsumen yang telah memenuhi persyaratan keanggotaan loyalty program.

(2). OVO adalah merek, nama, logo, dan/atau tanda yang dimiliki oleh VI yang bergerak dibidang penyedia platform untuk loyalty program, untuk keterangan lebih lanjut mengenai OVO silahkan mengunjungi (www.ovo.id).

(3). Kerjasama antara Matahari dan VI dalam penerbitan Kartu Keanggotaan Loyalty Program sebagaimana dimaksud dalam poin (1) di atas selanjutnya disebut sebagai “Matahari Rewards-OVO”. Matahari dan VI secara bersama-sama dalam syarat dan ketentuan ini akan disebut sebagai “OVO-Matahari”.

(4). Kartu Matahari Rewards-OVO dapat dipergunakan untuk mendapatkan dan menukarkan OVO Poin di Matahari Department Store dan merchant rekanan OVO di seluruh Indonesia.

(5). Keanggotaan Matahari Rewards-OVO terbuka bagi umum untuk konsumen yang memiliki identitas diri yang sah dan masih berlaku. Kartu Matahari Rewards-OVO hanya dapat dipergunakan oleh nama yang tertera pada Kartu Matahari Rewards-OVO untuk maksud dan tujuan yang terkait dengan keanggotaan Matahari Rewards-OVO. Anggota Matahari Rewards-OVO bertanggungjawab penuh atas penggunaan Kartu dan penggunaannya tunduk pada ketentuan yang ditentukan oleh OVO-Matahari.

(6). Nama calon anggota yang dituliskan pada saat pendaftaran harus sama dengan nama yang tercantum pada KTP atau tanda pengenal yang diberikan.

(7). OVO-Matahari berhak menolak formulir pendaftaran yang tidak lengkap dan tidak memenuhi persyaratan tanpa pemberitahuan.

(8). OVO-Matahari setiap saat berhak untuk membuat dan atau mengubah dan atau mengartikan dan atau menerapkan kebijakan dan mekanisme untuk keanggotaan Matahari Rewards-OVO.

(9). Ketentuan keanggotaan Matahari Rewards-OVO dibuat oleh OVO-Matahari dan tunduk pada hukum Negara Republik Indonesia serta berlaku dan mengikat bagi setiap anggota Matahari Rewards-OVO.

(10). Keanggotaan Matahari Rewards-OVO tidak dapat dipindahtangankan atau diperjualbelikan maupun diuangkan.

(11). Kartu adalah milik OVO-Matahari dengan nomor registrasi yang juga merupakan nomor verifikasi keanggotaan OVO, apabila menemukan harap mengembalikan ke Matahari terdekat atau ke alamat yang tercantum di belakang kartu.

(12). Semua benefit dan keistimewaan masing-masing jenis keanggotaan Matahari Rewards-OVO tunduk pada ketentuan yang telah ditetapkan dan tidak dapat digabungkan.

(13). Dalam hal terdapat klausul pada Syarat dan Ketentuan keanggotaan Matahari Rewards-OVO ini yang bertentangan dengan ketentuan hukum yang berlaku, maka hal ini tidak akan mempengaruhi efektifitas klausul-klausul lain yang tidak bertentangan dengan ketentuan hukum yang berlaku.

(14). Calon atau Anggota Matahari Rewards-OVO dengan ini memberikan persetujuan kepada OVO-Matahari untuk menggunakan, memberikan informasi, dan data anggota Matahari Rewards-OVO untuk keperluan OVO-Matahari diantaranya untuk keperluan pencatatan, penyimpanan, analisis, pengelolaan, dan penampilan data calon atau anggota Matahari Rewards-OVO, penyampaian informasi dan/atau promosi sehubungan dengan keanggotaan Matahari Rewards-OVO.

(15). Terkait dengan pelaksanaan kerjasama OVO-Matahari, OVO-Matahari berhak untuk melakukan pemusnahan informasi data calon atau anggota Matahari Rewards-OVO apabila diperlukan. Persetujuan ini diberikan selama calon atau anggota Matahari Rewards-OVOmasih tercatat sebagai anggota Matahari Rewards-OVO dan dengan ini anggota Matahari Rewards-OVO melepaskan OVO-Matahari dari segala risiko yang telah atau akan timbul sehubungan dengan penggunaan dan/atau pemberian data tersebut.

(16). OVO-Matahari tidak bertanggungjawab atas produk atau layanan yang diberikan atau ditawarkan oleh partner OVO-Matahari dan/atau merchant rekanan OVO sebagai benefit atau keistimewaan keanggotaan Matahari Rewards-OVO.

(17). Program-program pemasaran atau program Matahari Rewards-OVO lainnya yang dilaksanakan oleh OVO-Matahari hanya berlaku bagi anggota Matahari Rewards-OVO yang ditentukan dalam program tersebut.

(18). OVO-Matahari tidak bertanggung jawab atas segala risiko yang ditimbulkan akibat penyalahgunaan keanggotaan Matahari Rewards-OVO, termasuk tetapi tidak terbatas pada penyalahgunaan Kartu Matahari Rewards-OVO termasuk benefit serta keistimewaan keanggotaan Matahari Rewards-OVO.

(19). OVO-Matahari berhak untuk melakukan pemeriksaan terhadap data anggota Matahari Rewards-OVO setiap saat, tanpa memerlukan ijin dari anggota Matahari Rewards-OVO. Apabila terdapat ketidaksesuaian informasi atau data, maka pemberian manfaat dan keistimewaan akan ditunda sampai OVO-Matahari mengeluarkan keputusan mengenai hal itu.

(20). OVO-Matahari memiliki kewenangan untuk melakukan tindakan apapun terhadap tiap pelanggaran peraturan dan ketentuan keanggotaan Matahari Rewards-OVO.

(21). Semua keputusan yang dibuat oleh OVO-Matahari yang berkaitan dengan keanggotaan Matahari Rewards-OVO bersifat mutlak dan tidak dapat diganggu gugat.

(22). Segala perselisihan yang timbul antara OVO-Matahari dan anggota Matahari Rewards-OVO akan diselesaikan melalui musyawarah untuk mencapai mufakat. Apabila tidak tercapai kesepakatan maka penyelesaiannya akan dilakukan melalui Pengadilan Negeri Jakarta Selatan di Jakarta.

KETENTUAN KHUSUS
Keanggotaan MATAHARI REWARDS-OVO

1. Persyaratan untuk menjadi Anggota MATAHARI REWARDS-OVO adalah sebagai berikut:
     a. Mengisi formulir pendaftaran dengan lengkap, jujur, dan akurat.
     b. Membayar biaya pendaftaran keanggotaan Matahari Rewards-OVO sesuai ketentuan.
     c. Menyerahkan dan menunjukkan identitas diri yang sah dan masih berlaku.

2. Jenis keanggotaan Matahari Rewards-OVO, adalah sebagai berikut:
     a. Red
     b. Diamond

3. Perubahan Jenis Keanggotaan Matahari Rewards-OVO
     a. Kartu tipe RED dapat berubah jenis keanggotaan ke tipe DIAMOND apabila pembelanjaan
          di Matahari mencapai Rp 5.000.000,- selama periode 1 tahun sejak tanggal pendaftaran keanggotaan Matahari
          Rewards-OVO.
    b. Kartu TIPE DIAMOND:
         · Apabila transaksi mencapai Rp 5.000.000,- dalam 1 tahun maka keanggotaan akan tetap
           sebagai anggota tipe Diamond.
         · Apabila transaksi tidak mencapai Rp 5.000.000,- dalam 1 tahun maka secara otomatis
           keanggotaan akan berubah menjadi tipe Red.
      c. Jika terjadi pergantian tipe Kartu maka otomatis OVO Poin yang terdapat padat Kartu tersebut
          akan berpindah ke Kartu yang baru.

4. Penggantian Kartu Matahari Rewards-OVO
     a. Fisik Kartu wajib diganti jika keanggotaan berubah status dari tipe RED menjadi tipe DIAMOND
         atau sebaliknya.
     b. Bila fisik Kartu tipe DIAMOND sudah berakhir tanggal berlakunya maka wajib dilakukan penggantian fisik Kartu
     c. Penggantian fisik Kartu dapat dilakukan di customer service di seluruh gerai Matahari dengan menunjukkan identitas
         diri yang berlaku dan mengisi formulir perubahan data customer.
     d. Penggantian Kartu fisik tidak dikenakan biaya
     e. Kartu digital tidak perlu diganti apabila keanggotaan berubah status dari tipe RED menjadi tipe DIAMOND
         atau sebaliknya.

5. Pengakhiran Keanggotaan Matahari Rewards-OVO
     Keanggotaan Matahari Rewards-OVO akan berakhir apabila:
     a. informasi dan/atau data yang diberikan pada saat pendaftaran tidak benar; 
     b. anggota Matahari Rewards-OVO meninggal dunia atau tidak berhak lagi menjalankan hak dan kewajibannya
          berdasarkan ketentuan undang-undang atau peraturan hukum yang berlaku;
     c. penggunaan Kartu Matahari Rewards-OVO yang tidak sesuai dengan kepemilikan dan peruntukan Kartu;
     d. anggota Matahari Rewards-OVO melakukan atau terlibat dalam perbuatan yang mencemarkan atau merusak
          nama baik OVO-Matahari;
    e. anggota Matahari Rewards-OVO mengundurkan diri atau diberhentikan dari keanggotaan Matahari Rewards-
         OVO; atau
    f. Kartu keanggotaan Matahari Rewards-OVO hilang.

6. Penggunaan keanggotaan Matahari Rewards-OVO
     a. Keanggotaan Matahari Rewards-OVO berlaku di seluruh gerai Matahari dan merchant rekanan OVO. Anggota
          Matahari Rewards-OVO akan diminta untuk menunjukkan atau menyerahkan Kartu Matahari Rewards-OVO
          kepada kasir pada gerai Matahari atau merchant rekanan OVO sebelum melakukan pembayaran. Dengan
         menunjukkan atau menyerahkan Kartu Matahari Rewards-OVO, maka anggota Matahari Rewards-OVO
         dapat memperoleh OVO Poin berdasarkan nilai transaksi.
   b.  Anggota Matahari Rewards-OVO dapat memperoleh fasilitas dan keuntungan lainnya baik yang diselenggarakan
        oleh Matahari, partner Matahari atau merchant rekanan VI dalam periode tertentu dan dengan memenuhi syarat dan
        ketentuan yang berlaku.
   c. Kartu Matahari Rewards-OVO tidak dapat dipergunakan sebagai kartu debit, kartu kredit, kartu garansi, atau kartu
        lainnya, kecuali ditentukan lain oleh OVO-Matahari.

7. Perolehan OVO Poin
     a. OVO Poin diperoleh dari pembayaran pembelanjaan ("Transaksi") dengan jumlah tertentu melalui mesin register
          kasir di seluruh gerai Matahari dan merchant rekanan OVO setelah menunjukkan Kartu Matahari Rewards-OVO
          kepada kasir atau diperoleh dengan cara lain sebagaimana ditentukan OVO-Matahari.
     b. OVO Poin tidak dapat dipindahtangankan atau diperjualbelikan maupun diuangkan.
     c. Penghitungan OVO Poin tidak berhubungan dengan alat pembayaran yang dipergunakan, kecuali jika ditentukan
          lain oleh OVO-Matahari.
     d. Penghitungan OVO Poin dilakukan per transaksi sebesar Rp 20.000 dan kelipatannya (pembulatan kebawah)
          untuk jenis keanggotaan:
          · Matahari Rewards-OVO tipe Red akan mendapatkan 100 (seratus) OVO Poin;
          · Matahari Rewards-OVO tipe Diamond akan mendapatkan 200 (dua ratus) OVO Poin; dan
          · Kartu Kredit BCA Matahari akan mendapatkan 300 (tiga ratus) OVO Poin.
      f. Transaksi yang dilakukan dengan menggunakan atau menukarkan OVO Poin, tidak akan mendapatkan
          OVO Poin lagi.
      g. OVO-Matahari berhak untuk melakukan perubahan perhitungan pemberian OVO Poin dan perubahan
           tersebut akan diumumkan kepada anggota Matahari Rewards-OVO.

8. Masa Berlaku OVO Poin
      Apabila dalam waktu 18 (delapan belas) bulan terhitung sejak tanggal diterbitkan, maka OVO Poin akan
      otomatis dihapuskan.

9. Penukaran/Penggunaan OVO Poin
     a. 1 (satu) OVO Poin setara dengan Rp 1 (satu Rupiah). Anggota Matahari Rewards-OVO dapat
          menggunakan atau menukarkan OVO Poin selama OVO Poin tersedia.
     b. Anggota Matahari Rewards-OVO dapat menukarkan OVO Poin sebagai potongan harga atas
         pembayaran di kasir gerai Matahari atau merchant rekanan OVO.
     c. Penukaran atau penggunaan OVO Poin harus dilakukan oleh Anggota Matahari Rewards-OVO yang sah.
          Apabila terdapat keragu-raguan,Matahari atau merchant rekanan OVO akan meminta Anggota Matahari
         Rewards-OVO untuk menunjukkan atau menyerahkan kartu identitas yang sah dan masih berlaku sesuai
         dengan nama yang tercantum di dalam data keanggotaan Matahari Rewards-OVO.
    d. Pada saat melakukan transaksi dengan menukarkan OVO Poin di kasir pada gerai Matahari, Anggota
         Matahari Rewards-OVO akan diminta untuk menunjukkan nomor Kartu atau menyerahkan Kartu.
    e. Nilai dan penukaran OVO Poin adalah sesuai dengan ketentuan yang ditetapkan oleh OVO-Matahari,
         dan dapat diubah sesuai dengan ketentuan yang ditetapkan OVO-Matahari. Setiap perubahan kebijakan
         atau ketentuan penukaran OVO Poin tidak mempengaruhi jumlah OVO Poin yang telah tercatat dalam
         sistem Matahari Rewards-OVO sebelum tanggal perubahan kebijakan atau ketentuan tersebut.

10. Pembatalan OVO Poin
         Apabila terjadi pembatalan transaksi, maka OVO-Matahari akan mengurangi setiap OVO Poin yang diperoleh
        dari pembatalan transaksi tersebut.

11. Perubahan Data Pribadi Anggota Matahari Rewards-OVO
        Anggota Matahari Rewards-OVO dapat melakukan perubahan data pribadi dengan cara-cara sebagai berikut:
       a. Anggota Matahari Rewards-OVO datang langsung ke customer service Matahari terdekat, mengisi formulir
           perubahan data dan menandatanganinya sesuai dengan KTP/kartu identitas lain atas namanya yang sah dan
           masih berlaku; atau
      b. Anggota Matahari Rewards-OVO dapat melakukan perubahan data langsung di website Matahari Department
           Store: (www.matahari.co.id), dan/atau melalui HALO MATAHARI 500838.

12. Lain-lain
       a. Kartu Matahari Rewards-OVO diterbitkan dan dimiliki oleh OVO-Matahari sehingga OVO-Matahari memiliki hak
            untuk menerbitkan dan atau membatalkan dan atau memblokir Kartu Matahari Rewards-OVO setiap saat tanpa
            persetujuan atau pemberitahuan kepada Anggota Matahari Rewards-OVO.
      b. Dengan menandatangani form aplikasi keanggotaan Matahari Rewards-OVO, Anggota/calon Anggota Matahari
           Rewards-OVO dengan ini menyatakan telah memahami, menerima, dan menyetujui semua isi yang terdapat
           dalam ketentuan dan persyaratan ini.
       c. Ketentuan dan persyaratan ini merupakan satu kesatuan dan bagian yang tidak terpisahkan dari formulir pendaftaran
            keanggotaan Matahari Rewards-OVO.