Matahari Pemenang Kategori Best Equitable Treatment of Shareholders dalam The 10th IICD Corporate Governance Award

Dalam acara The 10th IICD Corporate Governance Conference and Award, PT Matahari Department Store Tbk (“Matahari” atau “Perseroan”; kode saham: “LPPF”) berhasil meraih 2 penghargaan dalam kategori Best Equitable Treatment of Shareholders dan Top 20 Public Listed Companies. Acara The 10th IICD Corporate Governance Award yang berlangsung pada hari Senin, 10 December 2018 di Sasono Mulyo Ballroom Hotel Le Meridien Sudirman, Jakarta.

Menyadari pentingnya GCG untuk diterapkan dalam setiap perusahaan, IICD didukung oleh Asosiasi Emiten Indonesia (“AEI”), PERBANAS, PT Citra Negeri Amanah (Subsidiari IICD), serta bekerja sama dengan media Kontan melakukan seleksi terhadap hampir 600 perusahaan terbuka yang terdaftar dalam BEI dan memilih serta melakukan penilaian terhadap 200 perusahaan dengan kapitalisasi pasar besar dan menengah berdasarkan ASEAN Corporate Governance Scorecard. Penilaian dilakukan melalui dua tahap, yaitu: Asessment, penilaian yang dilakukan secara internal oleh tim IICD yang terdiri dari penilai yang terlatih dan berpengalaman; Expert Review, dilakukan melalui diskusi intensif para penilai dan tim reviewer. Setelah melalui tahap penilaian tersebut, kemudian ditetapkan 50 perusahaan yang memiliki skor tertinggi dalam penerapan GCG untuk kategori kapitalisasi pasar besar dan menengah, dan Matahari berada dalam posisi 20 teratas untuk kategori kapitalisasi pasar besar serta memenangkan kategori Best Equitable Treatment of Shareholders.

“Matahari senantiasa menjalankan bisnisnya sesuai dengan tata kelola perusahaan yang baik dengan memberikan keterbukaan informasi dan transparansi kepada seluruh stakeholdernya serta memberikan perlakuan yang setara terhadap seluruh pemegang sahamnya,” ujar Miranti Hadisusilo, Corporate Secretary & Legal Director Matahari. Untuk upaya tersebut, Matahari meraih 2 penghargaan untuk kategori Best Equitable Treatment for Shareholders dan sekali lagi berada dalam posisi 20 teratas untuk kategori kapitalisasi pasar besar.    

Salah satu upaya penerapan tata kelola perusahaan yang baik oleh Matahari dilakukan dengan memberikan perlakuan yang sama terhadap seluruh pemegang saham, baik pemegang saham mayoritas maupun pemegang saham minoritas serta terus melakukan interaksi dengan para pemegang sahamnya melalui Rapat Umum Pemegang Saham yang dilakukan setiap tahun, dan secara berkala melakukan update informasi mengenai performa kinerja perusahaan kepada para investor baik secara temu muka, konferensi, maupun via keterbukaan informasi di Bursa Efek Indonesia, situs web Perseroan dan media.

Keterangan Foto:
Tampak pada gambar, Miranti Hadisusilo, Corporate Secretary & Legal Director Matahari menerima Best Equitable Treatment of Shareholders Award 2018