Matahari Membuka 5 Gerai Baru Di Bulan Desember Dan Berinvestasi Pada Fasilitas Logistik Baru

PT Matahari Department Store Tbk ("Matahari" atau "Perseroan"; kode saham: "LPPF") hari ini mengumumkan akan membuka 5 gerai baru selama bulan Desember. 2 dari 5 gerai adalah large format stores yang berlokasi di Gresik, Jawa Timur (dibuka 14 Desember) dan Prabumulih, Sumatera Selatan (dibuka 21 Desember). 3 gerai lainnya adalah specialty stores 361 Degrees, di Jakarta dan Surabaya. Seperti diumumkan sebelumnya, Matahari telah ditunjuk sebagai retailer eksklusif di Indonesia oleh retailer perlengkapan olahraga 361 Degrees, salah satu sponsor utama pada Asian Games di Jakarta.

Kelima gerai baru ini akan membuat gerai-gerai baru Matahari selama tahun 2018 menjadi 7 gerai, dengan dibukanya 2 gerai di Mamuju, Sulawesi Barat dan Cilegon, Banten pada awal tahun, dan total jumlah gerai menjadi 159 gerai di 75 kota di Indonesia pada akhir tahun.

Untuk mendukung pertumbuhan berkesinambungan jejak gerai, serta strategi omni-channel, Matahari juga mengumumkan penyelesaian investasi tanah senilai Rp 299 miliar untuk pusat distribusi baru di Jawa Barat. Fasilitas baru ini diharapkan dapat beroperasi pada tahun 2020.

Awal bulan ini, Perseroan meluncurkan aplikasi seluler Matahari yang baru, bersamaan dengan kehadirannya di MATAHARI.COM, yang memungkinkan Perseroan untuk lebih memenuhi kebutuhan basis pelanggan online yang semakin berkembang. Kedua channel tersebut akan terus memanfaatkan infrastruktur teknis dari SEG (pemilik MatahariMall). Namun sehubungan dengan perubahan baru atas strategi SEG untuk fokus dalam mendukung pengembangan Omni-channel Perseroan, Perseroan memutuskan untuk mengambil sikap yang kehati-hatian (prudent) dengan sepenuhnya mencadangkan penurunan nilai investasi Rp 770 miliar di GEI, perusahaan induk SEG, pada akhir 2018.

Richard Gibson, CEO dan Wakil Presiden Direktur Perseroan mengatakan, “Kami sangat gembira atas pertumbuhan yang berkesinambungan pada bisnis ritel inti kami, serta pengembangan logistik dan kemampuan digital kami. Investasi strategis ini menjadi fondasi bagi strategi pertumbuhan masa depan kami, dan akan memberikan pengalaman yang lebih baik kepada para pelanggan kami dengan mengembangkan kehadiran kami secara offline dan online di seluruh negeri. ”