Matahari Department Store Telah Mengaplikasikan Enterprise Risk Management Dengan Baik dan Meraih Indonesia Enterprise Risk Management Award 2018

PT Matahari Department Store Tbk (“Matahari” atau “Perseroan”; kode saham:”LPPF) meraih Indonesia Enterprise Risk Management Award (IERMA) 2018 sebagai salah satu perusahaan terbaik dalam pengaplikasian Enterprise Risk Management (ERM). IERMA 2018 diberikan oleh Majalah Economic Review sebagai penghargaan tertinggi bagi perusahaan yang telah berhasil menjalankan sistem manajemen risiko dengan baik sehingga mampu mendukung operasional bisnis perusahaan.

Proses penilaian manajemen risiko dalam menentukan pemenang IERMA 2018 adalah dengan mengidentifikasi risiko dan kebijakannya. Setiap kategori usaha akan memiliki jenis risiko yang berbeda sesuai dengan karakteristik usahanya masing-masing. Risiko yang telah teridentifikasi kemudian akan diukur besarnya melalui dua dimensi yaitu frekuensi dan dampak. Setelah risiko teridentifikasi, maka penilaian berikutnya adalah kebijakan prosedur dan penetapan batasan yang merupakan kebijakan perusahaan dalam mengambil langkah untuk menanggulangi risiko tersebut. IERMA diberikan kepada perusahaan yang telah berhasil mengidentifikasi risiko dan mengendalikannya sehingga tidak menimbulkan kerugian yang berlebihan.

Dari proses penilaian tersebut, Matahari menjadi salah satu pemenang IERMA 2018 yang menunjukkan bahwa Matahari telah berhasil menerapkan ERM dengan baik dengan mengidentifikasi risiko dan menerapkan kebijakan yang sesuai untuk menanggulangi risiko tersebut.

Dengan berhasilnya Matahari dalam penerapan ERM ini diharapkan akan meningkatkan kepercayaan publik terhadap Matahari untuk dapat terus memberikan kinerja terbaiknya.