Matahari Department Store, Salah Satu Top 100 Most Valuable Brands di Indonesia

PT Matahari Department Store Tbk (“Matahari” atau “Perseroan”; kode saham:”LPPF) menjadi salah satu pemenang Indonesia’s Top 100 Most Valuable Brands 2018. Penghargaan ini diberikan oleh Majalah SWA dan Brand Finance untuk merek dengan nilai tertinggi, baik merek korporasi, maupun merek produk. Penghargaan diterima oleh Roy N. Mandey, Wakil Presiden Komisaris Independen Matahari pada hari Kamis, 31 Mei 2018 di Shangri-La Hotel, Jakarta.

Pemenang penghargaan ditetapkan melalui analisis Brand Finance terhadap Brand Strength Index (BSI) setiap perusahaan. Data yang digunakan dalam analisa tersebut diperoleh dari informasi perusahaan, Bloomberg, laporan tahunan perusahaan serta riset yang dilakukan oleh Brand Finance. Tiga faktor yang diukur untuk menentukan BSI adalah: input, brand equity, dan output. Faktor input didapatkan dari kalkulasi brand management dan brand presence, untuk brand equity yang dihitung adalah brand awareness, sedangkan untuk output diperoleh dari perhitungan pertumbuhan pendapatan, pangsa pasar, profitabilitas, dan survey terhadap analis. Dari hasil analisis tersebut akan menghasilkan nilai brand, brand rating, enterprise value, serta brand ratio.

Setelah dilakukannya berbagai analisa dan riset terhadap nilai merek dari setiap perusahaan, merek Matahari menjadi salah satu pemenang Top 100 Most Valuable Brands di Indonesia dengan Brand Value sebesar US$ 330 juta dan Brand Rating AA+. Penghargaan ini menunjukkan bahwa merek Matahari yang telah eksis selama 60 tahun tidak pernah berhenti berinovasi untuk menjaga nilai mereknya sehingga masih tetap dapat bertahan hingga saat ini dan menjadi pesaing terkuat bagi merek lainnya.

Keterangan foto:
Roy N. Mandey, Wakil Presiden Komisaris Independen Matahari (tengah) menerima Top 100 Most Valuable Brands untuk Matahari Department Store.