MATAHARI DEPARTMENT STORE MENCATAT PENJUALAN KOTOR SEBESAR RP 3.368 MILIAR

Highlights:
 Total penjualan kotor sebesar Rp 10.370 miliar, naik 3,5% dari Semester 1 2017
 Same store sales growth (SSSG) sebesar 4,6%
 Laba bersih sebesar Rp 1.345 miliar, lebih tinggi 0,5% dibanding Semester 1 2017

PT Matahari Department Store Tbk (“Matahari” atau “Perseroan”; kode saham: “LPPF”) mencatatkan laba kotor Semester 1 2018 sebesar Rp 10.370 miliar, naik 3,5% dari Rp 10.017 miliar di Semester 1 2017, sementara pendapatan bersih naik sebesar 3,1% menjadi Rp 5.915 miliar dan laba bersih sebesar Rp 1.345 miliar, 0,5% lebih tinggi dari Semester 1 2017. Same Store Sales Growth (SSSG) sebesar 4,6% terutama terdorong oleh hasil penjualan yang kuat pada periode Lebaran setelah dilakukannya promosi yang lebih terfokus dan berkembangnya merchandise yang ditawarkan.

Saat ini Matahari memiliki 155 gerai di 74 kota di Indonesia, 2 gerai barunya resmi dibuka pada Semester 1 2018 di Mamuju (Sulawesi) dan Cilegon (Jawa Barat), serta menawarkan merchandise nya secara online melalui Matahari.com. Perseroan berencana untuk membuka 1 hingga 2 gerai baru pada Semester 2 2018.

Pada tanggal 30 Mei 2018, Matahari telah melakukan pembayaran dividen final untuk tahun buku 2017 sebesar total Rp 1,3 triliun atau sebesar Rp 457,5 per saham, setara dengan 70% dari Laba Bersih Matahari.

Richard Gibson, CEO dan Vice President Director Perseroan mengatakan, “Hasil semester pertama ini menunjukkan pentingnya untuk mengutamakan kepuasan pelanggan sebagai bagian dari strategi kami. Di masa yang akan datang, kami akan terus melanjutkan fokus kami untuk meningkatkan nilai dan relevansi dari merchandise yang kami tawarkan, promosi dan pengalaman berbelanja secara keseluruhan untuk membantu mendorong pertumbuhan bisnis”.