Berhasil Menerapkan Praktik Pengembangan Sumber Daya Manusia, PT Matahari Department Store Tbk Meraih Indonesia Human Capital Award 2018

PT Matahari Department Store Tbk (“Matahari” atau “Perseroan”; kode saham: “LPPF”) meraih Indonesia Human Capital Award 2018. Pada hari Rabu, 30 Mei 2018 di Ruang Tridharma - Gedung A - Lt. 2, Kementerian Ketenagakerjaan RI, Jakarta Selatan, Roy Mandey selaku Wakil Presiden Komisaris Independen dari Matahari menerima penghargaan Indonesia Human Capital Award (“IHCA”)2018.

Sumber daya manusia merupakan aset terpenting dari sebuah perusahaan dalam meningkatkan dan mengembangkan kinerja perusahaan. Dengan dukungan pengelolaan sumber daya yang baik, maka perusahaan akan mampu melewati segala tantangan termasuk tantangan dalam era digital dewasa ini. Indonesia Human Capital Award merupakan penghargaan tertinggi yang diberikan kepada perusahaan di Indonesia dengan tujuan mendorong praktik pengembangan Sumber Daya Manusia guna meningkatkan Human Capital Index secara global. IHCA diselengarakan oleh Economic Review bekerja sama dengan IPMI International Business School, NBO Group, Thomas International, Indonesia Asia Institute serta Ideku Group dan didukung oleh Kementerian Ketenagakerjaan Republic Indonesia.

Penilaian IHCA dilakukan terhadap 650 perusahaan yang merupakan Perusahaan Pemerintah, BUMN, BUMD, Swasta ( Tbk dan Non Tbk) terhadap beberapa poin utama seperti: Company Profile & Organization Structure, Business Achievement, Human Capital Architecture (Framework / Model), Human Capital Strategy, Recruitment Strategy & HR Planning, Learning & Development, Performance & Development, Human Resources Technology, Employee Engagement, dan Industrial Relation. Dari 10 aspek tersebut didapatkan 64 perusahaan yang telah menerapkan praktik Human Capital yang baik, salah satunya adalah PT Matahari Department Store Tbk yang meraih IHCA 2018 untuk kategori Perusahaan Swasta – Non Keuangan – Tbk.

Matahari mempekerjakan lebih dari 40.000 karyawan yang tersebar di 154 gerainya di seluruh Indonesia. Dalam melakukan perekrutan, Matahari lebih mengutamakan untuk memberikan kesempatan kepada warga lokal yang berada di sekitar gerainya. Setelah melakukan perekrutan, Matahari tentunya akan memastikan bahwa seluruh karyawannya memiliki kapabilitas yang cukup melalui pelatihan-pelatihan yang diberikan secara rutin. Karyawan Matahari juga dipastikan memiliki jenjang karir yang baik melalui promosi internal untuk mencari sumber daya yang kompeten untuk posisi yang dibutuhkan. Dari seluruh praktik pengembangan sumber daya manusia tersebut, Matahari meraih IHCA 2018. Penghargaan ini menunjukkan bahwa Matahari telah berhasil menerapkan praktik pengembangan sumber daya manusia yang baik.

Keterangan foto:
Roy N. Mandey, Wakil Presiden Komisaris Independen Matahari (kedua dari kiri) bersama dengan M. Hanif Dhakiri, Menteri Ketenagakerjaan RI (ketiga dari kiri); Hj.R Ay. Irlisa Rachmadiana,S.Sn,MM, Pendiri sekaligus Direktur Utama Economic Review (kiri); serta DR. Stefanus M.S.Sadana, Drs, MSi, Wakil Ketua Dewan Juri (kanan) pada saat penyerahan Indonesia Human Capital Award 2018.