Praktek Tata Kelola

Sebagai salah satu jaringan department store terkemuka di Indonesia, Matahari Department Store berupaya untuk tumbuh secara berkelanjutan dengan memberikan manfaat serta bertindak atas dasar kepentingan terbaik para pemegang saham dan pemangku kepentingan. Karena itu kami berkomitmen untuk menanamkan prinsip-prinsip tata kelola yang baik di dalam Perseroan. Prinsip-prinsip tersebut, yakni transparansi, akuntabilitas, bertanggung jawab, mandiri, adil dan kesamaan hak, ditanamkan di seluruh operasi Perseroan.
Prinsip-prinsip tersebut membentuk dasar Pedoman Perilaku (Code of Conduct) Perseroan.

Kami berharap untuk terus menyempurnakan penerapan dan efektivitas tata kelola perusahaan yang baik sehingga kami dapat:

          1. Terus mengkonsolidasi hubungan antara Dewan Komisaris dan Direksi;
          2. Terus memperkuat fungsi pengawasan dan pengelolaan Perseroan;
          3. Memastikan akurasi dan integritas sistem keuangan;
          4. Memastikan pengungkapan informasi secara tepat waktu;
          5. Membuat keputusan secara etis dan akuntabel;
          6. Mengidentifikasi dan mengelola risiko;
          7. Menjunjung hak-hak pemegang saham secara konsisten;
          8. Memberikan remunerasi yang sesuai dan bertanggung jawab

Selain itu juga memastikan kepatuhan pada hukum dan ketentuan yang berlaku secara berkesinambungan.

Kerangka tata kelola perusahaan Matahari mengharuskan pemisahan yang jelas antara pengawasan dan pengambilan keputusan dalam Perseroan. Faktor utama lainnya dalam kerangka tata kelola perusahaan adalah kerangka kontrol internal yang kuat, komite audit, audit internal dan eksternal, pengelolaan risiko, program
whistleblowing, pemberian informasi online yang lengkap dan tepat waktu, dan fungsi Sekretaris Perseroan yang proaktif. Semua elemen ini ditinjau secara rutin agar dapat selalu mendukung cakupan dan skala operasi
usaha kami yang terus berkembang.

Matahari telah mengadopsi praktik Tata Kelola Perusahaan yang baik dan terus melakukan peningkatan dalam implementasinya. Hal ini tercermin dalam kenaikan peringkat di ASEAN Corporate Governance Scorecard, yang setiap tahun menilai praktik terbaik tata kelola perusahaan dalam skala regional. Matahari juga berada pada posisi 30 teratas perusahaan publik di regional dengan tata kelola perusahaan yang baik.