PT Matahari Department Store Tbk(“Matahari” atau “Perseroan”) adalah department store pilihan Indonesia yang menawarkan produk-produk fashion terkini dan berkualitas tinggi, serta pengalaman berbelanja yang menyenangkan. Jaringan Matahari yang luas terdiri dari pemasok lokal dan internasional terpercaya yang menawarkan pilihan busana bergaya, aksesori, kecantikan dan peralatan rumah tangga baik dari merek eksklusifnya sendiri maupun internasional.
 
Merek-merek eksklusif terbaik yang hanya dijual di gerai Perseroan dan gerai online-nya telah memperkokoh posisi Perseroan sebagai peritel fashion terkemuka dengan harga terjangkau. Kualitas, gaya dan nilai yang ditawarkannya telah menjadikan Perseroan berulangkali dinobatkan dalam peringkat merek-merek terkemuka di Indonesia, serta mencerminkan pemahaman Matahari yang mendalam atas selera dan aspirasi dari basis pelanggannya.
 
Matahari telah mengukir sejarah panjang dalam dunia ritel Indonesia. Memulai perjalanan pada tanggal 24 Oktober 1958 dengan membuka gerai pertamanya berupa toko fashion anak-anak di daerah Pasar Baru Jakarta, Matahari melangkah maju dengan membuka department store modern pertama di Indonesia pada tahun 1972. Sejak itu, jaringan ritel Matahari telah tersebar ke 151 toko di 70 kota berikut gerai online MatahariStore.com. Dengan mempekerjakan lebih dari 50.000 orang dan 80% pembelian langsung dan konsinyasi produk yang berasal dari sekitar 850 pemasok lokal, Matahari telah menjadikan dirinya sebagai merek asli nasional.
 
Perseroan melakukan spin off dari PT Matahari Putra Prima Tbk (MPP) untuk membentuk sebuah entitas baru, yakni PT Matahari Department Store Tbk (Matahari) di tahun 2009. Pada bulan April 2010 Asia Color Company Limited, anak perusahaan dari CVC Capital Partners Asia Pacific III L.P. dan CVC Capital Partners Asia Pacific III Parallel Fund – A, L.P. (bersama dengan “CVC Asia Fund III”) menjadi pemegang saham mayoritas Matahari.
 
Penawaran umum Asia Color Company Limited dan PT Multipolar Tbk atas saham-saham Matahari di tahun 2013 telah menarik perhatian para investor global dan meningkatkan kepemilikan publik di dalam Perseroan dari 1,85% ke 47,35% per tanggal 28 Maret 2013. Selain memberikan Perseroan profil yang lebih tinggi di Indonesia maupun luar negeri, kegiatan ini juga telah memperkuat likuiditas perdagangan saham Matahari di BEI, memperluas akses pembiayaan di pasar modal domestik dan internasional, serta membuatnya memenuhi syarat untuk memperoleh pengurangan tarif pajak penghasilan sesuai peraturan pajak yang berlaku di Indonesia.
 
Selama kurun waktu antara Maret 2014 dan Februari 2015, Asia Color Company Limited mengurangi kepemilikannya di Perusahaan menjadi 2,00% dan pada tahun 2016 telah sepenuhnya melepas kepemilikan sahamnya. Pada 6 September 2016, Multipolar menjual 2,99% kepemilikan atas saham Perusahaan, dan sejak tanggal tersebut masyarakat memiliki 82,52% saham Perusahaan, sementara PT Multipolar Tbk memiliki 17,48%.
 
Pada tanggal 11 Agustus 2015, Perusahaan membeli 2.631.580 (dua juta enam ratus tiga puluh satu ribu lima ratus delapan puluh) saham, atau 2,5% dari total saham PT Global Ecommerce Indonesia (GEI). Sepanjang Desember 2015 hingga Januari 2016, Perusahaan melaksanakan hak opsi saham lebih lanjut yang mengakibatkan total kepemilikan sahamnya di GEI menjadi 10% per tanggal 29 Januari 2016. Per 31 Desember 2016, menyusul pelaksanaan hak opsi oleh para pemegang saham lain dan partisipasi Mitsui sebagai investor baru, kepemilikan saham Perusahaan pada GEI berkurang menjadi 8,3%. Pada 3 Januari 2017, Perusahaan membeli 7.326.495 lembar saham baru di GEI, sehingga kepemilikannya mencapai 12%.